Tanya Jawab Pengantar Antropologi Sosial


(1)   Sebutkan ragam karya penjelajah Eropa ke Asia, Afrika, dan Amerika. Berikan komentar mengenai kualitasnya.

Jawaban

Karya-karya yang dihasilkan yaitu laporan-laporan, kisah-kisah perjalanan, yang menjadi bahan pengettahuan tentang adat istiadat, susunan masyarakat, bahasa, ciri-ciri fisik serta dikenalnya berbagai suku bangsa yang sangat berbeda dengan orang Eropa. Dengan itu lahirlah etnogrfi. Yang hasil karya-karya itu di bawa oleh para musafir, pelaut, pendeta, pegawai agama nasrani, penerjemah kitab injil, dan pegawai pemerintahan.

Komentar saya menggenai kualitasnya, bagi saya itu sangat bagus karena dalam karya-karya yang dihasilkan timbul suatu ilmu baru yaitu etnografi, dimana ilmu ini mengakaji mengenai ciri-cirii suku bangsa yang berbeda-beda dan ilmu ini sangat berguna.

(2)   Jelaskan manfaat karya hasil penjelajahan, bagi perkembangan paham evolusi dan lahirnya antropologi.

Jawaban

Manfaat bagi paham evolusi dimana dalam perkembangannya paradigma evolusi masyarakat beranggapan evolusi sangat lambat melalui beberapa tingkatan dari yang rendah mencapai tingkat yang tinggi. Sehingga karya-karya ini dapat mengklasifikasikan bahan-bahan berbagai kebudayaan didunia dalam berbagai tingkat evolusi. Dan manfaat yang lain adalah dimana antropologi menjadi pengetahuan yang bersifat akademis.

(3)   Jelaskan kegunaan praktis pada awal abad ke-20

Jawaban

Kegunaan praktis bertujuan mempelajari masyarakat dan kebudayaan suku-suku bangsa diluar Eropa untuk kepentingan pemerintah kolonial. Seperti suku-suku Scami, Flam, Lapp, dan lain-lain. Intinya kegunaan praktis untuk mempelajari manusia dan keragaman masyarakat untuk membangun suku bangsa tersebut.

(4)   Sebutkan hal yang ditiru Indonesia pada masa kini dari India, Amerika, dan Mexiko untuk perkembangan antropologi di Indonesia.

Jawaban

Antropologi praktis yang satu dengan sosiologi yang dapat memecahkan masalah-masalah sosial budaya dan memecahkan masalah pembangunan nasional adalah yang dicontoh dari India. Sementara dari Amerika, Indonesia mencontoh mengenai ruang lingkup serta pengintegrasian metode. Dan dari Mexiko yaitu mengenai antropologi praktis untuk mengumpulkan data tentang kebudayaan-kebudayaan daerah dan masyarakat pedesaan sebagai dasar bagi suatu kebudayaan nasional.

(5)   Jelaskan pengertian

  1. Etnolinguistic
  2. Etnologi
  3. Antropologi kebudayaan
  4. Antropologi sosial

Jawaban

  1. Etnolinguistic adalah ilmu yang bagian awalnya erat berkaitan dengan antropologi. Bahan kajiannya berupa daftar kata-kata dan deskripsi tentang ciri dan tata bahasa dari beratus-ratus bahasa suku bangsa di berbagai tempat di belahan bumi, maupun bahan kebudayaan, dan metode analisa serta mencatat bahasa-bahasa suku bangsa yang tidak mengenal tulisan.
  2. Etnologi adalah cabang antropologi yang mempelajari kebudayaan manusia melalui pendekatan perbandingan dari kebudayaan-kebudayaan secara individual di muka bumi.
  3. Antropologi kebudayaan adalah studi antropologi yang bidang studinya mengambil kebudayaan sebagai objeknya. Aspek-aspeknya antara lain meliputi masalah sejarah, perkembangan, dan penyebaran aneka warna bahasa, kebudayaan, asas-asas dalam kehidupan bermasyarakat yang diucapkan manusia di seluruh dunia.
  4. Antropologi sosial adalah ilmu yang mengambil objek penyelidikannya pada masyarakat yang sederhana, yaitu masyarakat yang belum mengenal tulisan. Namun dalam perkembangannya antropologi sosial juga mengambil objek kajiannya pada masyarakat yang kompleks, misalnya kehidupan kota, meskipun hanya memfokuskan pada satu unsur saja, misalnya kehidupan keagamaan dan kekeluargaan.

(6)   Sebutkan secara umum dan perhatian khusus di Inggris mengenai antroplogi sosial.

Jawaban

Secara umum yang menjadi fokus perhatian antropologi sosial adalah mengkaji mengenai manusia, yaitu manusia yang belum mengenal tulisan dan manusia yang sudah mengenal tulisan. Perhatian khusus antroplogi sosial di Inggris adalah membedakan antara pendekatan etnologi dan antropologi sosial. Dimana etnologi bertugas untuk mengklasifikasikan bangsa-bangsa atas dasar ras dan kebudayaan kemudian sekarang tentang difusi sosial. Sedangkan antropologi sosial menyelidiki tingkah laku sosial dalam bentuk lembaga seperti keluarga, kekerabatan, organisasi politik, dan lain-lain.

(7)   Jelaskan

  1. Proses pengumpulan fakta penelitian lapangan yang dilakukan pakar antropologi
  2. Fakta-fakta yang terkumpul diolah dan dianalisa
  3. Proses verifikasi

Jawaban

  1. Tingkat pengumpulan data adalah mengenai kejadian dan gejala masyarakat dan kebudayaan, untuk diolah secara ilmiah. Yang menggunakan beberapa metode yaitu observasi, mencatat, mengolah dan mendeskripsikan fakta-fakta yang terjadi dalam suatu masyarakat. Pengumpulan fakta-fakta dalam ilmu pengetahuan pada umumnya terbagi dalam tiga golongan yaitu penelitian lapangan, penelitian kepustakaan dan penelitian di laboratorium.
  2. Pada tahap ini digunakan metode-metode untuk mencari ciri-ciri yang sama dan umum diantara beragam fakta yang terdapat dalam kehidupan masyarakat dan kebudayaan. Dan digunakan proses berpikir induktif dan menggunakan metode komparatif.
  3. Proses verifikasi adalah proses memperoleh penguatan didalam realitas hidup bermasyarakat, atau proses pengujian dalam kenyataan yang alami dan proses berpikirnya dilakukan secara deduktif yaitu proses yang berawal dari rumusan umum ke fakta yang ada.

(8)   Jelaskan metode-metode athnografi

  1. Genealocal method
  2. Metode penyusunan karangan dari konkrit ke abstrak
  3. Metode life cycle arangement

Jawaban

  1. Genealocal method adalah wawancara konkrit untuk mengumpulkan dan mencatat bahan keterangan tentang sistem kekerabatan dalam suatu masyarakat. Dengan cara mengumpulkan daftar-daftar asal usul dari beberapa individu di dalam maasyarakat.
  2. Dalam metode dari konkrit ke abstrak seorang peneliti membuat terlebih dahulu di dalam karangan ethnografinya bahan keterangan tentang unsur-unsur kebudayaan konkret, misalnya menggambarkan tentang benda-benda fisik, alat-alat hidup, alat-alat hasil pertukangan, hasil kerajinan, mata pencaharian, makanan dan lain-lain. Kemudian seorang peneliti masuk lebih dalam kedalam kebudayaan yang menjadi objek kajiannya, dengan melukiskan organisasi kemasyarakatan, susunan kekerabatan, hukum, keagamaan, dan sebagainya. Jadi, urutan susunan yaitu kebudayaan jasmani, organisasi kemasyarakatan, kehidupan kerohanian dan alam fikiran.
  3. Metode life cycle arangement ini menyusun bahan-bahan keterangan tentang adat istiadat dan unsur-unsur kebudayaan sesuatu bangsa sekitar peristiwa pokok dalam kehidupan yang berulang-ulang dianggota masyarakat yang bersangkutan.

(9)   Relasi sosial dari suatu masyarakat

  1.  Aspek struktur
  2. Aspek fungsi
  3. Aspek organisasi

Jawaban

  1. Struktur sosial adalah suatu pedoman bagi tingkah laku manusia;
  2. Aspek fungsi adalah cara suatu tujuan itu dicapai;
  3. Aspek organisasi adalah aktivitas yang menunjukan gerak kesatu arah,dengan tidak merubah bentuk untuk mencapai tujuan.

(10)  Pengertian

  1. Struktur sosial
  2. Organisas isosisal

Jawaban

  1. Struktur sosial adalah suatu pedoman bagi tingkah laku manusia;
  2. Organisasi sosial adalah manusia yang menjalankan suatu usaha atau pekerjaan yang telah terpola atau konsisten.

(11) Jelaskan

  1. Asas egoisme
  2. Asas altruisme

Jawaban

  1. Asas egoisme adalah seseorang dalam pergaulan mendahulukan kepentingan sendiri dari pada orang lain. Asas ini yang membuat seseorang bertahan hidup dalam alam yang kejam.
  2. Asas altruisme, yaitu individu berbakti pada individu yang lain, dengan mengorbankan keselamatan dirinya sendiri. Asas ini juga di anggap sebagai faktor yang membuat kolektif bertahan hidup.

(12)  Jelaskan

  1. Perilaku naruliah tidak akan menghasilkan kebudayaan.
  2. Proses belajar  yang memungkinkan manusia menjadi makhluk yang berbudaya.

Jawaban

  1. Manusia tergolong makhluk yang hidup dalam kolektif. Namun tidak seperti hewan, jika hewan dalam kehidupan kolektifnya bersifat naluriah, Sedangkan manusia tidak demikian. Sebab manusia mampu mengembangkan potensi akalnya sehingga manusia mampu konsep sualisasi kehidupan dan peristiwa-peristiwa yang mungkin menimpanya, dan menentukan pilihan-pilihan dalam upaya mempertaruhkan hidupnya.
  2. Prilaku manusia diperoleh melalui proses belajar, maka pola tindakan manusia dapat berubah lebih cepat dari perubahan yang terjadi pada bentuk dari organisasinya. Kebudayaan hanya bisa dihasilkan dari prilaku atau tindakakan yang disengaja dan direncanakan yang terwujud dari proses belajar.

(13)  Sebutkan syarat-syarat terbentuknya masyarakat

Jawaban

Syarat-syarat terbentuknya masyarakat yaitu :

  1. Interaksi antar warga;
  2. Adat istiadat, norma-norma, hukum dan aturan-aturan tingkah laku;
  3. Kontinuitas dalam waktu;
  4. Rasa identitas yang kuat yang mengikat warga.

(14)  Sebutkan macam-macam pranata sosial

Jawaban

Macam-macam pranata sosial, yaitu

  1. Pranata untuk memenuhi kebutuhan;
  2. Pranata Ekonomi;
  3. Pranata ilmiah;
  4. Pranata kebutuhan akan keindahan rekreasi;
  5. Pranata pendidikan;
  6. Pranata keagamaan;
  7. Pranata untuk menjaga dan mengukur keseimbangan (institusi politik);
  8. Pranata untuk memenuhi kebutuhan akan kenyamanan hidup.

(15)  Contoh wujud kebudayaan menurut Homonigmann

  1. Ideas
  2. Activities
  3. Artifacts

Jawaban

  1. Ideas adalah sebuah sistem gagasan yang menghasilkan sebuah kebudayaan,
  2. Activities yaitu tindakan atau tingkah laku yang menjadi sebuah kebudayaan,
  3. Artifacts yaitu benda-benda fisik hasil dari suatu kebudayaan.

(16)           Sebutkan unsur kebudayaan

Jawaban

1)  Bahasa.

2). Sistem pengetahuan

3). Organisasi sosial

4). Sistem peralatan hidup dan teknologi.

5). Sisitem mata pencaharian.

6). Sistem religi dan

7). Kesenian

(17)           Sebutkan manfaat unsur kenudayaan menurut malinowski

Jawaban

Manfaat unsur kebudayaan menurut malinowski ialah untuk memuaskan sejumlah hasrat naluri manusia. Karena itu unsur kesenian, misalnya, berfungsi untuk memuaskan hasrat naluri manusia akan keindahan. Dan lain sebagainya.

(18)           Jelaskan

a)      Prisip dasar tiori evoluasi

b)      Teori evolusi sosial universal

c)      Neo- evolusionisme

Jawaban

a)      Prinsip dasar teori evolusi adalah menkaji sebuah perubahan yang terjadi pada keanekaragaman  ciri – ciri ras, bahasa, dan kebudayaan manusia  di muka bumi.

b)      Teori evolusi sosial universal yaitu pandangan mengenai masyarakat yang telah berkembang dengan lambat (berevolusi), dari tingkat – tingkat yang rendah dan sederhana ke tingkat-tingkat yang makin lama makin kompleks

c)      Neo-evolusionisme adalah suatu paham yang membatasi kajian antropologi pada penelitian mikro serta mendalam yang dilakukan terhadap masyarakat – masyarakat khusus atau terhadap interaksi antar individu masyarakat khusus

(19)           Jelaskan evolusi hukum, menurut spencer .

Jawaban

Spencer berpendirian bahwa hukum dalam masyarakat manusia pada mulanya adalah hukum keramat, yang merupakan aturan – aturan hidup dan pergaulan yang berasal dari para nenek moyang. Karena itu kekuatan dari hukum dalam masyarakat pada zaman permulaan itu, yang terdiri dari kelompok – kelompok  keluarga luas, berdasarkan kepada ketakutan warga masyarakat akan keramahan roh – roh nenek moyang apabila aturan –aturan itu di langgar.

(20)           Jelaskan 4 tingkat evolusi keluaga J.J. Bachoven

Jawaban

4 tinggkat itu adalah

1)      Pertama, pada zaman yang telah jauh berlalu, masyarakat hidup dalalam keadaan promiskuitas diman manusia hidup secara sekawan binatang berkelompok, laki – laki dan wanita berhubungan dengan bebas dan melahirkan keturunannya tanpa ikatan

2)      Manusia sudah sadar akan hubungan  si ibu dengan anaknya sebagai suatu kelompok keluarga inti dalam masyarakat, karena anak – anaknya hanya mengenal ibunya, tetapi tidak mengenal ayahnya. Dalam kelompok – kelompok inti seperti ini,ibu lah yang menjadi kepal keluarga. Perkawinan ibu dan anak laki –lakinya dilarang ( inciess taboo ).
dengan demikian timbul lah adat exogami. Kelompok – kelompok keluarga ibu tadi menjadi luas karena garis keturunan matriarchate, inilah perkembangan tingkat ke – dua

3)      Tingkat ketiga terjadi karena para laki – laki tidak puas dengan keadaan ini, lalu mengambil calon – calon istri mereka dari kelompok – kelompok lain dan membawa gadis – gadis itu ke kelompok mereka sendiri. Dengan demikian keturunan yang dilahir juga tetap tanggal dalam keluarga dengan ayah sebagai kepala keluarga. Dengan meluasnya hal demikian lahirlah pola masyarakat dengan garis keturunan patriar chate.

4)      Terakhir, terjadi waktu perkawinan diluar kelompok, yaitu exogami berubah menjadi endogami karena bebagai sebab. Endogami ( Perkawinan dalam batas kelompok ) menyebabkan anak – anak senantiasa berhubungan langgsung dengan anggota keluar ayah maupun ibu. Dengan demikian pola patriachate lambat laun hilang dan berubah menjadi susunan kekerabatan yang disebut susunan parental .

(21)           Jelaskan 4 kerangka neo- evolusionisme

Jawaban

4 kerangka itu, ialah

1)      Kerangka gordon ctilde, mengenai peristiwa – peristiwa perubahan besar dalam sejarah kebudayaan manusia pada umumnya, yang bersifat universal. Karena itu proses tersebut disebut universal evolution;

2)      Kerangka leslie white, tentang tahap – tahap kemajuan manusia dalam teknologi untuk menguasai sumber – sumber energi yang makin lama makin komplek. Tahap ini juga disebut universal evolution;

3)      Metodologi J. Steward, mengatakan bahwa proses evolusi kebudayaan bergantung dari lingkungan – lingkungan ekologi tertentu , ada unsur – unsur kebudayaan yang berevolusi seragam dan ada unsur – unsur lain yang tidak berevolusi seragam, sehingga proses evolusi disebut multilineal evolution;

4)      Konsep Naroll dan R. L. Carniero, mengenai perbedaan sifat dan laju evolusi dari unsur – unsur bagian dalam suatu kebudayaan yang mengakibatkan suatu proses perubahan yang disebut differention.

(22)           Evolusi kebudayaan menurut konsep gordon childe

Jawaban

Menurut konsep childe, pada masa awal eksistensi manusia di muka bumi, evolusi kebudayaan manusia yang didasarkan pada mata pencaharian, berburu, dan meramu. Berjalan sangat lambat, dan berlanggsung beratus – ratus ribu tahun.namun ada beberapa peristiwa besar yang terjadi dengan interval waktu yang makin singkat, yang menyebabkan makin cepat berlanggsungnya evolusi kebudayaan yang terjadi.

(23)           Jelaskan evolusi kebudayaan menurut Leslie White

Jawaban

White menjelaskan bahwa, perkembangan kebudayaan manusia yang pada awalnya berjalan lambat, tetapi kemudian maju dengan pesat di sebabkan  karena manusia selalu dapat menguasai berbagai macam sumber energi, yang makin lama makin intensif. Penemua – penemuan baru dalam penguasaan sumber – sumber energi yang baru oleh white di bandingkan dengan peristiwa menyolok yang terjadi dalam proses evolusi bentuk – bentuk hidup, yang oleh ahli biologi disebut mutasi. Kemudian berbagai peristiwa penemuan sumber – sumber energi baru itu merupakan cuitural mutations.

(24)           Jelaskan perbedaan pandangan

a) Teori evolusi
b) Teori difusi

Jawaban

Perbedaan  a) teori evolusi dan b) teori difusi adalah cara pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan mikro adalah yang d anut oleh tiori evolusi yang kemudian hal ini menjadi pertentangan dari penganut pendekatan mikro dan makro.

(25)           Jelaskan konsep – konsep

a). Kulturalkomplex
b). Kultur kreis
c). Kontak berantai
d). Kulturschlchten

Jawaban

a)      Kultural komplex adalah unsur – unsur suatu kebudayaan di tempat  menujukan persamaan bentuk dengan unsur – unsur serupa itu di tempat lain ;

b)      Kulturakreis lingkaran kebudayaan – kebudayaan, atau lingkaran di muka bumi yang mempunyai unsur – unsur kebudayaan yang sama ;

c)      Kontak berantai kebudayaan tersebar melalui sutu bangsa tetangga ke bangsa tentangga berikutnya.

d)     Kultursichten yaitu lapisan – lapisan kebudayaan, campuran kulturkompelx.

About Admin

Jangan Bicara Bukti, Biar Bukti yang Berbicara

Posted on April 20, 2011, in tanya-jawab. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. 1.jelaskan teori tentang evolusi!
    2.jelaskan diferensiasi sosial berdasarkan potensi anak, menurut Gardner!

  2. 1. sebutkan unsur-unsur yang menyebabkan gejala sosial serta dampak positif dan negatif dari gejala sosial tersebut!. tlong ya dijawab! by yusnita

    1.sebutkan unsur-unsur yang menyebabkan gejala sosial, serta dampak positif dan negatif dari gejala sosial tersebut! by yusnita univ.malikussaleh lhokseumawe

  3. 1. sebutkan unsur-unsur yang menyebabkan gejala sosial serta dampak positif dan negatif dari gejala sosial tersebut!. tlong ya dijawab! by yusnita

    1. sebut dan jelaskan asas-asas ilmu antropologi! by nita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: